1.
Di dalam tahapan Siklus Manajemen Rantai Pasok, Proses melakukan pencarian pasokan dan pengadaan barang/Jasa untuk memenuhi kebutuhan produksi yang dilakukan dengan penelusuran pasokan dan penyedia, pemilihan penyedia, pengiriman dari penyedia merupakan tahapan ...
2.
Aktivitas Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang berkaitan dengan siklus Source pada Manajemen Rantai Pasok adalah...
3.
Berikut ini yang merupakan Sektor Nirlaba adalah...
Lembaga pendidikan yaitu pendidikan formal dan pendidikan informal; Industri makanan dan minuman, industri otomotif, industri teknologi dan informasi, dan lain-lain; Lembaga sosial kemanusiaan yaitu lembaga sosial keagamaan, lembaga sosial kesehatan, lembaga bantuan sosial kemasyarakatan, lembaga sosial korporasi; Pekerjaan dan layanan yang berbasis proyek: pekerjaan konstruksi, teknologi informasi, penyelenggaraan kegiatan, jasa konsultansi; Berbagai sektor jasa: transportasi, akomodasi, alih daya, dan jasa lainnya.
4.
Agar mencapai hasil yang tepat sasaran, Penerapan Manajemen Rantai Pasok (SCM) pada program atau pun kegiatan di sektor pemerintah harus dilaksanakan pada berbagai tingkatan manajerial yaitu...
5.
Kabupaten X membutuhkan petugas kebersihan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka Kabupaten X dapat melakukan melalui pengadaan...
6.
Berikut ini yang BUKAN merupakan Ruang lingkup Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah adalah…
7.
Perguruan Tinggi ABC merencanakan pembelian Komputer untuk unit laboratorium Pendidikan dengan peruntukan sebagai laboratorium praktek aplikasi komputer. Hasil survey dan berbagai pertimbangan PPK menetapkan spesifikasi komputer dengan TKDN tertinggi. Tindakan PPK sudah menggambarkan tujuan pengadaan...
8.
Salah satu implementasi dari kebijakan Pengadaan Barang/Jasa dalam mendorong penggunaan barang/jasa dalam negeri ialah...
9.
Saudara RR adalah salah seorang Personil Pokja Pemilihan dalam Pengadaan ATK di kantornya yang kebetulan menjadi komisaris CV. NMR. Tahun ini Saudara RR melalui CV. NMR ikut memasukkan penawaran harga pada paket ATK di kantornya. Bagaimana pendapat Anda atas tindakan Saudara RR?
10.
Pada tahun 2023 KPA sebuah Perguruan Tinggi mengusulkan pembangunan sarana olah raga (Lapangan Tenis Outdoor/Terbuka) dengan lokasi di Lahan perluasan kampus yang masih kosong, dari catatan aset sudah terdapat sebuah Lapangan Tenis yang masih layak dan representatif dengan jadwal pemakaian tidak terlalu padat. Pengelola Pengadaan Barang/Jasa mengusulkan pertimbangan lain karena kebutuhan Gedung Pendidikan lebih layak diutamakan. Etika Pengadaan Barang/Jasa yang KURANG TEPAT dalam keputusan KPA adalah…
1 out of 7
11.
UKPBJ Kabupaten X melaksanakan kegiatan proses pengadaan konstruksi pembangunan Rumah Sakit Tipe A yang dilaksanakan dengan pola tahun jamak selama 3 tahun, dalam proses dan tahapan pengadaan tersebut, ada indikasi bahwa Kelompok Kerja Pemilihan yang menangani tender tersebut bersifat tidak transparan sehingga terdapat calon penyedia yang tidak puas serta melakukan protes. Menurut Anda langkah yang cocok dilakukan oleh calon penyedia adalah melakukan protes/sanggah berdasarkan aspek:
12.
Pokja Pemilihan menetapkan hasil pemilihan untuk paket Pembangunan Gedung Laboratorium Fisika dengan nilai Rp. 80 Miliar. Hasil penetapan ini ditolak oleh PPK dan meminta Pokja melakukan tender ulang. Pokja menolak melakukan permintaan PPK karena akan menambah waktu dengan mengulang proses pemilihan. Selain itu Pokja juga meminta PPK memberikan alasan yang jelas terkait penolakan atas hasil pemilihan. Terkait hal ini, siapakah Pelaku Pengadaan yang dapat menengahi?
13.
Dalam proses Pengadaan Perencanaan Pembangunan Pelabuhan Peti Kemas di Kota ABC dalam rangka meningkatkan akses ekspor dan impor senilai Rp.15 Miliar, maka proses penetapan pemenang dilakukan oleh…
14.
Berikut ini yang BUKAN termasuk aspek pengadaan berkelanjutan dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah adalah…
15.
Usaha yang memiliki modal maksimal Rp. 1 Miliar dan memiliki penjualan maksimal Rp. 2 Miliar merupakan kriteria usaha…
16.
Yang TIDAK TERMASUK metode pelaksanaan E-purchasing melalui Katalog Elektronik adalah…
17.
Kapabilitas atau tingkat kematangan UKPBJ digambarkan melalui 5 (lima) tingkatan yaitu…
18.
Pokja Pemilihan telah mengumumkan pemenang untuk paket Pekerjaan Peningkatan Ruas Jalan Kabupaten Y. Yang ditetapkan sebagai pemenang adalah Peserta yang harga penawaran terkoreksinya terendah ke-9 dari 16 peserta yang mengupload Dokumen Penawaran. Peserta terendah ke-1 tidak bisa menerima penetapan pemenang tersebut. Peserta terendah ke-1 kemudian melakukan sanggah kepada Pokja Pemilihan melalui aplikasi SPSE. Pokja Pemilihan menjawab sanggah tersebut melalui aplikasi SPSE juga. Penyedia terendah ke-1 tidak puas terhadap jawaban sanggah dari Pokja Pemilihan. Langkah selanjutnya yang dapat ditempuh oleh Peserta terendah ke-1 adalah…
19.
PT. A, PT. B dan PT. C mengikuti tender pembangunan Gedung Pusat Administrasi Pendidikan Universitas Unggul Indonesia di salah satu Provinsi di Sumatera dengan Pagu Rp. 75 Miliar. Pada tahapan evaluasi kualifikasi pokja pemilihan menemukan data PT. D yang ternyata induk perusahaan PT. A yang berpusat di Jakarta terkena sanksi daftar hitam. PT. E yang merupakan kantor pusat PT.C juga terkena sanksi daftar hitam. Keputusan yang paling tepat yang diambil oleh Pokja Pemilihan adalah…
20.
PA selaku penanggung jawab kegiatan, menyusun identifikasi kebutuhan barang/jasa K/L/PD berdasarkan rencana kerja. Identifikasi kebutuhan barang/jasa secara umum dilakukan dengan memperhatikan...
Prinsip efisien dan efektif dalam pengadaan barang/jasa, aspek pengadaan berkelanjutan, prioritas kebutuhan, barang/jasa pada katalog elektronik, barang/jasa yang telah tersedia/dimiliki/dikuasai.
Kemudahan mendapatkan barang di pasaran indonesia, tingkat komponen dalam negeri (TKDN), jumlah produsen dan/atau jumlah pelaku usaha, keterangan asal barang, kesesuaian barang, jadwal kebutuhan barang.
Kesesuaian kebutuhan pekerjaan. kompleksitas pekerjaan, keterlibatan usaha kecil, waktu penyelesaian pekerjaan, penggunaan barang/material berasal dari dalam negeri atau luar negeri, kelayakan pekerjaan.
Jenis fungsi dan manfaat dari pengadaan, target yang ditetapkan, waktu pelaksanaan pekerjaan, ketersediaan pelaku usaha yang sesuai dengan melakukan survei pasar
2 out of 7
21.
Dengan alasan kesibukan yang sangat padat, PPK mengusulkan kepada KPA dalam pengelolaan pengadaan dari dana APBN untuk melaksanakan penyusunan RUP setelah DIPA diterima, mengingat kebutuhan barang yang tidak mendesak dan pelaksanaan pekerjaan tidak membutuhkan waktu lama. Pendapat yang benar menurut Saudara adalah…
22.
PPK dalam menyusun spesifikasi teknis/KAK barang/jasa menggunakan...
Produk dalam negeri, produk bersertifikat SNI, produk usaha mikro dan kecil serta koperasi dari hasil produksi dalam negeri, dan produk ramah lingkungan hidup
Produk dalam negeri, produk bersertifikat SNI, produk usaha mikro dan kecil serta koperasi dari hasil produksi dalam negeri, dan produk berkualitas
Produk dalam negeri, produk bersertifikat, produk usaha mikro dan kecil serta koperasi dari hasil produksi dalam negeri, dan produk ramah lingkungan hidup
Produk dalam negeri, produk bersertifikat SNI, produk usaha mikro dan kecil serta koperasi dari hasil produksi dalam negeri, dan produk ramah lingkungan
23.
Skenario: Pada pembangunan Gedung negara, Saudara sebagai PPK Menyusun Spesifikasi Teknis akan membuat secara rinci, sehingga diharapkan akan terwujud Gedung yang memenuhi kriteria tepat mutu. Instruksi : Saudara sebagai PPK akan menyusun spesifikasi dengan ketentuan sebagai berikut...
24.
Jasa Konsultansi adalah layanan profesional yang membutuhkan keahlian tertentu di berbagai bidang keilmuan yang mengutamakan adanya olah pikir, yang TIDAK termasuk pengadaan Jasa Konsultansi Non- Konstruksi adalah...
25.
PPK dalam menyusun spesifikasi teknis/KAK barang/jasa menggunakan...
26.
Ketentuan yang TIDAK sesuai tentang kegunaan HPS adalah...
27.
Tahapan penyusunan RAB Pengadaan Barang/Jasa adalah sebagai berikut...
28.
HPS (Harga Perkiraan Sendiri), yakni perkiraan harga barang/jasa yang ditetapkan oleh PPK di tahap persiapan pengadaan, yang BUKAN ketentuan dalam penyusunan dan penetapan HPS...
29.
Yang bukan ketentuan pemaketan pekerjaan konstruksi...
30.
Dalam pengadaan barang/jasa pemerintah, pengelola pengadaan perlu memperhatikan tujuan pengadaan yang salah satunya adalah menghasilkan barang/jasa yang sebanding dengan uang yang dibelanjakan ditinjau dari aspek kualitas, kuantitas, waktu, biaya, lokasi dan penyedia, salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah…
3 out of 7
31.
Pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian terdapat pemaketan pekerjaan sebagai berikut: 1) Pekerjaan konstruksi berupa pembangunan ruang workshop, ruang pelayanan, dan ruang laboratorium metrologi pada lokasi yang sama dengan nilai total Rp. 2 Miliar 2) Pengadaan peralatan metrologi senilai Rp. 800 juta 3) Pengadaan kendaraan dinas dengan nilai Rp. 700 juta Bagaimana menurut pendapat Saudara terhadap pemaketan tersebut….
32.
Efisiensi penggunaan sumber daya (waktu, tenaga kerja)...
33.
UKPBJ yang menjalankan fungsi Pengadaan Barang/Jasa dengan berorientasi pada pemenuhan kebutuhan pemangku kepentingan melalui kolaborasi, penguatan fungsi perencanaan bersama pemangku kepentingan internal maupun eksternal, adalah ciri dari Tingkat kematangan UKPBJ…
34.
Perubahan atau ketidakpastian terkait aspek kelengkapan/kecukupan desain serta spesifikasi, efisiensi operasional, dan keandalan, mengancam kualitas dan ketepatan waktu pelaksanaan yang dihasilkan, yang bisa berdampak pada biaya. Risiko di atas termasuk dalam kategori...
35.
Tindak lanjut hasil reviu oleh Pokja Pemilihan yang mengakibatkan perubahan Dokumen Persiapan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah disampaikan kepada…
36.
Melakukan analisis pasar merupakan salah satu ketentuan dalam reviu dokumen persiapan yang dilakukan oleh Pokja Pemilihan. Fungsi analisis pasar yaitu…
37.
Dalam pengadaan Pekerjaan konstruksi pembangkit listrik tenaga surya skala besar, pokja Kementerian X, akan menetapkan jenis evaluasi penawaran untuk paket pengadaan tersebut, evaluasi penawaran yang tepat adalah...
38.
Aspek yang perlu diperhatikan dalam penilaian kualifikasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah antara lain…
39.
Berikut pernyataan yang tepat untuk metode evaluasi penawaran sistem nilai yaitu…
40.
Pada pengadaan jasa konsultansi dengan metode evaluasi kualitas dan biaya, undangan kepada peserta yang masuk daftar pendek dilakukan setelah tahapan…
4 out of 7
41.
Dalam proses pemilihan Pengadaan Barang/Jasa, setelah melakukan reviu terhadap dokumen persiapan PPK, Pokja pemilihan melakukan persiapan proses pemilihan dan menyusun dokumen pemilihan. Dalam menyusun dokumen pemilihan pokja pemilihan menetapkan jadwal, metode pemilihan,metode kualifikasi, metode penyampaian penawaran dan metode evaluasi penawaran untuk paket-paket Pengadaan Barang/Jasa di bawah ini:
1) Manajemen Konstruksi Pembangunan Bangunan Gedung Sekretariat Presiden dan Bangunan Pendukung pada Kawasan Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara; 2) Pembangunan Gedung Sekretariat Presiden dan Bangunan Pendukung pada Kawasan Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara; 3) Penyusunan Dokumen Indeks Efektivitas Pencegahan dan Pemberantasan TPPU; 4) Pembuatan Dekorasi dalam rangka Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022; 5) Penyusunan Dokumen Kebijakan Insentif Fiskal dan Non Fiskal di Kawasan Sabang Paket-paket manakah yang dapat menggunakan metode evaluasi penawaran kualitas dan biaya?
42.
Pernyataan yang TIDAK SESUAI dengan pemberian penjelasan yaitu…
43.
PPK Provinsi A melaksanakan pekerjaan penyusunan Masterplan Pengembangan Wilayah Kabupaten baru percontohan yang terintegrasi dan berkelanjutan. Pekerjaan ini relatif kompleks, dan membutuhkan kajian dan persetujuan dari banyak pihak dengan anggaran Rp.2,3 Miliar. Setelah dilakukan reviu dan dilaksanakan persiapan pemilihan penyedia maka metode evaluasi penawaran yang ditetapkan pokja pemilihan UKPBJ Provinsi A yaitu…
44.
Pokja Pemilihan UKPBJ Provinsi XYZ melaksanakan Tender Pembangunan Gedung Perpustakaan dengan HPS sebesar Rp. 11.250.000.000, Maka untuk Jaminan Penawaran dan Jaminan Sanggah banding yang ditetapkan pokja adalah…
45.
Tahapan awal penyusunan daftar Penyedia Barang/Jasa Pemerintah yaitu…
46.
Pokja Pemilihan pada UKPBJ Kabupaten XYZ sedang melaksanakan pemilihan penyedia barang/jasa dan telah selesai melaksanakan tahapan evaluasi dokumen penawaran untuk selanjutnya dilakukan klarifikasi dan negosiasi teknis dan biaya. Paket-paket pengadaan yang telah selesai dilakukan evaluasi adalah sebagai berikut:
Jasa Keamanan Sekretariat Daerah Kabupaten XYZ senilai Rp 870.000.000,00 Pemutakhiran Data Pajak Daerah/PBB P2 senilai Rp 1.200.000,000,00 Pembangunan Gedung Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten XYZ senilai Rp 6.100.000.000,00 Pengawasan Pembangunan Jalan dan Drainase Kelurahan JKL senilai Rp 400.000.000,00 Pengadaan Truk Pengangkut Sampah senilai Rp 1.200.000.000,00 Paket-paket pengadaan manakah yang harus dilanjutkan dengan tahapan negosiasi teknis maupun biaya oleh Pokja Pemilihan?
47.
Pembuatan film pendek tentang keberhasilan KB untuk perayaan hari ulang tahun Kementerian Kesehatan dapat dilaksanakan melalui kompetisi, lelang, atau metode pemilihan yang lain, karena Pengadaan ini merupakan…
48.
Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dengan persyaratan khusus dilakukan pada…
49.
Pengadaan penyewaan kapal yang dilaksanakan oleh BNPB saat pencarian korban kapal tenggelam, dilakukan dengan:
5 out of 7
50.
Dampak yang ditimbulkan jika Pokja Pemilihan tidak memiliki kompetensi dalam penyusunan dokumen pemilihan yaitu…
51.
Jenis kontrak Putar Kunci (Turn Key) pada PBJP dapat digunakan untuk jenis pengadaan…
52.
Berikut yang BUKAN merupakan ketentuan jaminan PBJP yang harus dipenuhi oleh Pelaku Usaha/Penyedia PBJP…
53.
Rumah Sakit Umum Daerah dikelola Dinas Kesehatan Provinsi A akan melakukan pengadaan oksigen medis dengan karakteristik kebutuhan berulang. Jenis kontrak yang tepat untuk jenis pengadaan tersebut adalah...
54.
Pernyataan yang SALAH tentang Penyesuaian harga pada Kontrak Tahun Jamak yaitu…
55.
Penyedia yang melaksanakan pekerjaan konstruksi pada Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi XYZ tidak mampu menyelesaikan pekerjaan sebagaimana tercantum dalam kontrak. Selanjutnya setelah melalui tahapan sebagaimana dalam kontrak, PPK melakukan pemutusan kontrak karena kesalahan penyedia. Dalam rangka melaksanakan penilaian kinerja penyedia, maka PPK...
56.
Pekerjaan pembangunan Gedung Pembelajaran Terpadu Madrasah Aliyah Negeri ABC senilai Rp9,8 Miliar telah dilaksanakan serah terima pertama pada tanggal 11 November 2020. Pada tanggal 11 Februari 2021 terjadi kerusakan plafon di Gedung tersebut dan PPK telah menyampaikan permohonan pemeliharaan kepada CV. BMP, tetapi tidak ditanggapi sampai berakhirnya masa pemeliharaan 180 hari kalender setelah serah terima pertama. Tindakan yang tepat dilakukan oleh Budi selaku PPK adalah...
57.
Lingkup kontrak pengadaan paket Renovasi Gedung Sekolah antara PPK dengan Penyedia PT. X meliputi: Ruang Kelas, Laboratorium dan Kantor di SD Negeri Y dengan nilai fisik 3 gedung tidak termasuk nilai PPN masing-masing senilai Rp. 4,5 miliar, Rp. 3 Miliar dan Rp. 2,5 Miliar. Hingga akhir jadwal kontrak pekerjaan baru mencapai kemajuan 95% disebabkan Gedung Laboratorium yang belum selesai hingga finishing. PPK memberikan kesempatan kepada Penyedia untuk menyelesaikan kontrak hingga berita acara serah terima pekerjaan ditandatangani PPK 10 hari kemudian sejak tanggal rencana penyerahan pertama. Penyedia PT. X dalam hal ini dikenai sanksi denda keterlambatan yaitu sebesar…
58.
Serah terima hasil pekerjaan dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dilaksanakan dengan ketentuan...
6 out of 7
59.
Apabila PPK telah menerima surat pengajuan serah terima dari penyedia, maka hal yang harus dilakukan oleh PPK adalah…
60.
Pembangunan Asrama Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri ABC 2021 dengan pagu senilai Rp. 32 Miliar dilakukan dengan cara Penunjukan Langsung oleh PPK dengan melihat hasil evaluasi kinerja Penyedia sebelumnya. Pada tahun 2020 PT. A menjadi pemenang pada paket Pembangunan Gedung Asrama Mahasiswi dengan nilai yang sama dan bernilai baik melalui penilaian kinerja. PPK melaksanakan kontrak melalui informasi penilaian kinerja penyedia. Pernyataan yang benar di bawah ini adalah...
61.
Dalam pelaksanaan kontrak pembangunan Gedung Kantor Satu Atap Kabupaten Danau Sentarum, terjadi perubahan spesifikasi pada saat pelaksanaan pekerjaan, dikarenakan material kayu jenis A ukuran 8 x 8 cm tidak ada dipasaran, berbeda saat survey perencanaan tahun lalu. Sehingga dilakukan perubahan spek. Untuk penentuan perubahan spesifikasi ini, PPK melaksanakan penelitian Bersama perencana, pelaksana, pengawas dan tim teknis. Dalam waktu 5 hari kalender dapat diputuskan perubahan spek menggunakan ukuran di atasnya kayu jenis B ukuran 8 x 8 cm. Sebagai PPK menetapkan peristiwa ini sebagai...
62.
KPA pada Politeknik Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan Kementerian ABC telah menetapkan Surat Keputusan Tim penyelenggara swakelola pada Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pengemudi Angkutan Umum tahun 2022 dengan jumlah anggota tim penyelenggara swakelola sebanyak 17 orang, yang terdiri dari 3 orang tim persiapan, 12 orang tim pelaksana dan 2 orang tim pengawas. Berdasarkan hasil reviu Tim Persiapan, pelaksanaan kegiatan membutuhkan tenaga ahli/teknis/narasumber yang tidak dapat dipenuhi dari internal. Berapa jumlah maksimal tenaga ahli/teknis/narasumber yang diperkenankan...
63.
Salah satu kegiatan pada tahap persiapan swakelola adalah melakukan reviu terhadap spesifikasi teknis/kerangka acuan kerja (KAK), terkait dengan kegiatan tersebut maka pernyataan yang TIDAK TEPAT di bawah ini adalah...
64.
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bekerja sama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) melakukan penelitian Pengembangan Vaksin Merah Putih untuk penanganan pandemi Covid-19. Kepala BRIN sebagai penanggung jawab anggaran dan UGM sebagai pelaksana swakelola. Bagaimana pelaksanaan kegiatan swakelola tersebut diimplementasikan?
65.
Hasil pengawasan yang dilakukan oleh Tim Pengawas terhadap pelaksanaan Swakelola akan menjadi dasar PPK dalam melakukan penilaian kinerja atas pelaksanaan kegiatan swakelola oleh Tim Pelaksana. Salah satu ruang lingkup penilaian kinerja adalah tingkat respon dan komunikasi yang efektif yang diberikan oleh pelaksana swakelola dalam penyelesaian atau melaporkan setiap perkembangan terhadap pelaksanaan swakelola. Hal tersebut termasuk Penilaian kinerja dalam aspek sebagai berikut...
66.
Dalam pelaksanaan pekerjaan swakelola tipe IV, apabila tim pengawas menemukan penyimpangan di lapangan, maka…
67.
Risiko dalam pengadaan barang/jasa secara swakelola berupa terjadinya kekurangan volume pekerjaan merupakan jenis risiko pada tahapan…
7 out of 7