Blog

Bedanya Metode Pengadaan Langsung, Penunjukkan Langsung, Dan Pemilihan Langsung

Bedanya Pengadaan Langsung, Penunjukan, dan Pemilihan Langsung

Pengadaan langsung adalah salah satu metode dalam pengadaan barang dan jasa yang bisa dipilih oleh pejabat pengadaan yang memiliki ketentuan khusus dalam prosesnya. Selain metode pengadaan langsung, ada dua jenis metode pengadaan barang dan jasa lainnya yang bisa dipilih disesuaikan dengan nilai barang maupun jasa dan juga karakter atau jenis dari barang maupun jasa yang ingin diadakan. Metode-metode mengenai pengadaan barang dan jasa dan bagaimana cara menentukan metode yang tepat bisa Anda pelajari bersama kami lembaga penyedia bimtek www.bimteknasional.id yang sudah terakreditasi oleh LKPP. Sebagai gambaran umu, berikut adalah tiga metode pengadaan barang dan jasa yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau institusi.

Pengadaan Langsung

Metode pengadaan barang dan jasa dengan cara pengadaan langsung pada dasarnya adalah metode yang digunakan untuk pengadaan barang maupun jasa dengan nilai yang tidak besar. Untuk pengadaan barang biasanya batas nilainya adalah tidak lebih dari Rp200 juta, sedangkan untuk pengadaan jasa seperti jasa konsultasi misalnya nilainya tidak lebih dari Rp50 juta, dengan demikian pengadaan barang dan jasa dilakukan secara langsung tanpa melalui proses lelang atau tender. Selain nilainya yang kecil, pengadaan langsung juga dipilih untuk pengadaan yang resikonya tidak besar. Contoh kegiatan pengadaan yang menggunakan metode ini misalnya adalah pengadaan ATK di kantor, perbaikan gedung skala kecil, dan sebagainya.

Dalam melakukan metode pengadaan langsung, pejabat pengadaan biasanya memanggil perusahaan penyedia jasa maupun barang setelah memiliki informasi mengenai harga barang/jasa yang ingin diadakan. Kemudian perusahaan penyedia barang/jasa akan melakukan penawaran harga dan akan terjadi proses negosiasi antara perusahaan dengan pejabat pengadaan sampai ketemu harga yang pas. Jika sudah deal, maka lanjut ke proses transaksi.

Penunjukan Langsung

Metode pengadaan barang dan jasa dengan cara penunjukan langsung tidak memiliki batasan nilai seperti yang ada pada pengadaan langsung. Tetapi metode pengadaan ini dipilih ketika ada karakter khusus atau dalam keadaan tertentu pada barang maupun jasa yang ingin diadakan. Barang dan jasa yang dimaksud memiliki karakter khusus atau dalam keadaan tertentu misalnya seperti:

1. Barang/jasa dengan tarif resmi yang ditetapkan oleh pemerintah (mis. bahan bakar);

2. Barang/jasa yang memiliki spesifikasi kompleks dan menggunakan teknologi khusus sehingga hanya ada satu penyedianya;

3. Pengadaan kendaraan bermotor untuk pemerintah dengan harga yang telah diketahui oleh masyarakat;

4. Pengadaan barang/jasa terkait dengan penanganan darurat yang tidak bisa direncanakan sebelumnya;

5. Kegiatan pengadaan berkaitan dengan kerahasiaan misalnya berhubungan dengan badan intelijen atau perlindungan saksi;

6. dan sebagainya.

Pemilihan Langsung

Meski namanya mirip dengan pengadaan langsung, metode pemilihan langsung memiliki ciri yang lebih khusus. Metode ini khusus digunakan untuk pengadaan barang dan jasa dalam bidang konstruksi yang dilakukan secara pelelangan yang memiliki batas nilai pengadaan hingga Rp5 milyar. Sehingga dilihat dari besaran nilainya, pemilihan langsung digunakan untuk pengadaan konstruksi sederhana.

Pemilihan dilakukan pejabat dengan membuka kesempatan bagi penyedia-penyedia barang maupun jasa konstruksi untuk melakukan presentasi di mana nantinya pejabat pengadaan memilih perusahaan penyedia berdasarkan dengan kriteria yang pas dengan kebutuhan pengadaan. Pemilihan langsung dilakukan oleh pejabat dan tidak ada tawar menawar atau proses negosiasi seperti yang ada di metode pengadaan langsung. Demikian adalah beberapa metode pengadaan barang dan jasa yang teknisnya bisa Anda kuasai dengan mengikuti bimtek dari www.bimteknasional.id

Bimtek Pengadaan Langsung Terkini

P3 Sriwijaya telah menyelenggarakan pelatihan, bimtek, dan training bagi pemerintahan, BUMN, dan swasta dengan pengalaman lebih dari 10 tahun yang telah terdaftar secara resmi sebagai lembaga pelatihan yang akuntabel dan terpercaya untuk meningkatkan kapasitas SDM di organisasi Anda.

Kami menyediakan berbagai bimtek pengadaan dengan berbagai topik untuk menunjang peningkatan SDM demi tercapainya tujuan dari organisasi Anda dengan topik yang terdiri:

1. Bimtek dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah sesuai Perpres 16 Tahun 2018
2. Bimtek Sosialisasi Perpres No.16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
3. Bimtek Audit Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
4. Bimtek Teknik Penyusunan Kontrak Dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
5. Bimtek Teknik dan Metode Penyusunan HPS/OE Atas Pengadaan Barang/Jasa untuk BUMN dan Lembaga Pemerintah
6. Bimtek Pedoman Tata Cara Pengadaan Barang/Jasa di Desa
7. Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa dengan Swakelola
8. Bimtek Tata Kerja Tim Dan Tata Cara Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Pengelolaan Pengadaan Barang/Jasa
9. Bimtek Teknik Penyusunan SOP ULP KLDI
10. Bimtek Jasa Konstruksi Bagi Tenaga Pemeriksa Dan Aparatur Pengawasan
11. Bimtek Mekanisme Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Tanpa Tender
12. Bimtek Khusus Topik Pengadaan Barang dan Jasa

Butuh Informasi Terbaru Bimtek dan Konsultasi Bimtek sesuai Kebutuhan? Silakan klik dan chat WA di bawah ini.

1,315 Views

No Comments

Leave a Reply

Butuh Bantuan? Chat WA